Minggu, Februari 27, 2011

Laptop - Mobile Computing (in progress)

Apakah anda memiliki laptop? Saat ini laptop sudah hampir umum ditemukan dimana-mana, mulai dari kalangan eksekutif atas, selebriti, akademisi, bahkan hingga anak sekolahan. Kali ini saya akan mencoba mengupas lebih jauh mengenai laptop.

Pendahuluan
Laptop atau
notebook merupakan ejaan bahasa Inggris, yang dialihbahasakan ke bahasa Indonesia menjadi "komputer jinjing". Kata ‘laptop’ lebih sering digunakan karena diambil dari perilaku pengguna notebook, yang lebih suka meletakkan notebooknya di atas paha daripada meletakkan di atas meja. Kata ‘Lap’ sendiri merupakan bahasa Inggris yang artinya ‘pangkuan’.

Sebuah laptop mengintegrasikan komponen komponen dari komputer desktop, seperti display, keyboard, touchpad/trackpad, dan speaker ke dalam satu unit sistem. Sumber daya laptop disuplai lewat AC adaptor dan dapat digunakan pula sebagai alat charging baterai. Sebuah laptop dalam kondisi baru umumnya memiliki daya tahan sekitar 3-5 jam, tergantung dari penggunaan, konfigurasi, power management, dan daya tahan baterai itu sendiri.

Pada mulanya, laptop diperuntukkan untuk kalangan terbatas dan memiliki mobilitas tinggi pada saat itu, seperti militer, akuntan, dan sales. Seiring perkembangan teknologi, saat ini laptop telah berkembang pesat hingga ke segala kalangan. Sejarah mencatat bahwa laptop pertama di dunia adalah Xerox PARC, sebuah
portable PC yang dikembangkan oleh Alan Kay di tahun 1968. Idenya adalah berdasarkan makalahnya yang berjudul "Dynabook" yang mendeskripsikan cikal bakal laptop sebagai "A personal, portable information manipulator".


Klasifikasi
Saat ini hanya ada 3 kelas utama dalam laptop yaitu:
  • Full-size laptop - deskripsi yang sangat umum dijumpai dalam laptop.
  • Tablet PC - laptop sentuh, ada yang memiliki keyboard dedicated maupun tidak, tetapi untuk memudahkan pengklasifikasian, saya nyatakan tablet PC adalah laptop yang memiliki mainboard terpasang di display.
  • Rugged laptop - laptop heavy duty, sangat kuat, dapat beroperasi dalam kondisi ekstrim.
Untuk full size laptop sendiri dapat dibagi menjadi
  • Desktop replacement computer
  • Notebook
  • Subnotebook
  • Netbook

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Laptop
http://uangmayainternet.blogspot.com/2009/01/beda-notebook-laptop-netbook-dan-nettop.html

Tidak ada komentar: